Dibentuk 59 Tahun Lalu, Begini Sejarah Berdirinya Korps Wanita Angkatan Laut

Rabu, 05 Januari 2022 – 14:02 WIB

Logo Korps Wanita Angkatan Laut (Foto: Istimewa)

Logo Korps Wanita Angkatan Laut (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Dibentuk pada 5 Januari 1963, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) merupakan sebutan untuk prajurit wanita TNI Angkatan Laut. Pembentukan tersebut sejalan dengan pembangunan ALRI pada awal dasawarsa tahun 1960-an. Karena saat itu, kebutuhan tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut semakin terasa.

Untuk itu, pembentukan Korps wanita dalam jajaran Angkatan Laut berkaitan dengan aspek egisensi, yaitu bahwa ada beberapa bidang tertentu yang lebih sesuai dikerjakan oleh kaum wanita sesuai dengan kodratnya.

Ide pembentukan sebuah korps wanita Angkatan Laut dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, yang kemudian direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata.

Yaitu dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal.

Pelantikan para anggota Kowal pertama tersebut dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata di Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada tanggal 5 Januari 1963, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kowal.

Tujuan dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut yaitu pertama, untuk memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengabdikan diri ke dalam bidang kemiliteran.

Kedua untuk mengisi jabatan atau kedudukan tertentu dalam organisasi TNI Angkatan Laut dengan tenaga wanita untuk kesempurnaan dan efisiensi hasil organisasi.

Pada saat itu, di Mabes TNI AL beberapa pejabat teras yang terkait telah mulai sibuk memikirkan dan merancang pakaian-pakaian seragam apa dan bagaimana yang baik dan cocok bagi Kowal yang akan segera lahir.

Bahkan, beberapa kali diselenggarakan peragaan pakaian seragam Kowal oleh PNS Mabes TNI AL dan peragawati. Dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut berarti membuka lembaran baru dalam sejarah TNI Angkatan Laut.

TNI Angkatan Laut maju selangkah dalam memberikan hak dan kesempatan bagi kaum wanita Indonesia untuk turut serta dalam mendarmabaktikan dirinya di lingkungan TNI Angkatan Laut. Hal ini merupakan kehormatan yang sangat tinggi bagi wanita Indonesia.

Adapun Tugas pokok dari Korps Wanita Angkatan Laut pada awal pembentukannya yaitu bersama satuan-satuan lain dalam lingkungan TNI Angkatan Laut ikut serta dalam pertahanan negara dengan mempergunakan keahlian dan kemahiran para anggotanya untuk tugas-tugas tertentu yang sesuai dengan kodrat dan sifat-sifat kewanitaannya, sehingga tercapai efisiensi kerja yang sebesar-besarnya dalam organisasi TNI Angkatan Laut.

Sementara untuk mencapai tugas pokok tersebut Korps Wanita Angkatan Laut mempunyai fungsi utama yaitu pertama mengabdikan diri kepada TNI Angkatan Laut untuk tugas-tugas tertentu yang lebih cocok dan efisiensi dilakukan oleh tenaga-tenaga wanita.

Kedua memelihara dan menjalin hubungan dengan masyarakat terutama organisasi-organisasi wanita lainnya agar terpelihara sifat-sifat kewanitaannya dalam kesibukan dan ketekunan mereka dalam kehidupan militer.