Surat Fisikawan Albert Einstein yang Imbau Dunia Memerangi Nazi Jerman akan Dilelang

Jumat, 13 Mei 2022 – 19:29 WIB

Foto: SputnikNews

Foto: SputnikNews

Yerusalem, REQNews.com -- Sebuah surat langka, yang ditulis dan ditandatangani fisikawan Albert Einstein dan berisi imbauan kepada dunia untuk mengambil sikap keras terhadap Nazi Jerman, akan dilelang pada 24 Mei.

SputniNews memberitakan surat itu, yang akan dilelang di Balai Lelang Kadem di Yerusalem, ditulis tahun 1936 dan ditujukan kepada jurnalis Denmark Karen Stampe Bendix.

Surat ditulis ketika ancaman Nazi terhadap komunitas Yahudi Eropa menjadi lebih jelas, meningkatnya ekstremisme, dan penghasutan politik Adolf Hitler.

"Ada penyakit yang tidak dapat diatasi tanpa operasi. Saya tidak dapat menyangkal hal ini meski saya membenci pisau," tulis Einstein dalam surat itu.

Einstein adalah pasifis yang bersemangat sepanjang hidup. Ia membenci senjata, meski tak dapat menyangkal kegunaannya. Dalam surat itu fisikawan Yahudi itu menulis mengingat situasi saat ini tidak ada pilihan selain menghadapi jerman.

"Akan lebih baik untuk campur tangan tiga tahun lalu," tulisnya. "Yang paling disesalkan adalah sikap Inggris yang lemah, sejauh itu menunda perang, tetapi tentu saja Inggris tidak dapat mencegahnya."

Einstein mendesak jurnalis Denmark itu menemukan penghiburan dalam keadaan sendiri. Denmar, tulis Einstein, tidak terancam oleh turbulensi yang akan datang. Meski secara ekonomi mengalami kesulitan, Denmark masih akan terhibur.

Namun anggapan Einstein keliru. Sejarah mencatat Nazi menyerang dan menaklukan Denmark hanya dalam enam jam pada 1940.

Mengenai kehidupannya di AS, Einstein menulis; "Ada pengangguran berat di sini, tidak seperti di masa lalu."

Namun, katanya, keadaan sulit di AS tidak menyebabkan gairan politik yang begitu akrab seperti di Eropa. Einstein juga berbicara tentang kesehatan istrinya dan kondisi kehidupan di AS yang disebutnya Dunia Baru.

"Kami tinggal di sebuah rumah tua yang cantik di lingkungan indah, tapi asya masih diganggu banjir surat yang tak terbayangkan," tulisnya.

Tahun lalu, surat Einstein sebelum perang atau bertanggal musim panas 1939, dijual di balai lelang. Dalam surat itu, ditulis dalam Bahasa Inggris dan ditujukan ke imigran Yahudi-Jerman bernama William Morris, memuji upaya rekannya membantu imigran Yahudi Jerman.

Catatan pribadi tentang Teori Relativitas, yang terjual tahun lalu dengan harga jutaan dolar dalam lelang di Paris, juga termasuk di antara surat berharga.