IFBC Banner

Satu-satunya PC Produk Pertama Apple Terjual Rp 5,1 Miliar

Minggu, 26 Juni 2022 – 15:49 WIB

Foto: dailystar.co.uk

Foto: dailystar.co.uk

California, REQNews.com -- Apple-1, personal computer (PC) pertama buatan Steve Jobs dan Steve Wozniak, terjual 280 ribu pound atau Rp 5,1 miliar di eBay.

IFBC Banner


Saat ini terdapat 80 unit Apple-1 di seluruh dunia, tapi hanya satu yang berfungsi. Unit yang masih berfungsi inilah yang dijual di eBay.

Apple-1 adalah sejarah. Steve Jobs menjual VW campervan untuk membiayai produksi PC pertama ciptaannya.

Tahun 1976, setelah komputer pertamanya selesai, Steve Jobs dan Steve Wozniak menjualnya dengan harga 552 pound, atau Rp 10 juta, per unit.

Menurut AAPL Collection, Apple-1 yang terjual dipulihkan secara profesional dengan suku cadang asli, persis seperti yang diproduksi tahun 1976.

Apple-1 adalah awal kekaisaran Apple. Jobs dan Wozniak memutuskan menjual papan sirkuit yang dapat digunakan di rumah. Keduanya memulai era baru teknologi.

Saat itu, Apple adalah perusahaan kecil tapi satu-satunya yang mampu menyelesaikan masalah dukungan pelanggan. Ketika Apple II muncul, Job dan Wozniak menawarkan tukar gratis kepada pelanggan.

Artinya, pelanggan mengembalikan Apple-1 dan menerima Apple-2. Seluruh unit Apple-1 yang kembali dihancurkan. Akibatnya, Apple-1 menjadi sangat langka.

Apple-1 memiliki memori sekitar 4KB dan pengguna harus menambahkan keyboard dan monitor sendiri. Tidak memiliki hard drive, drive CD, atau DVD garfik, animasi, video, atau Internet.

Saat ini Apple adalah perusahaan paling bernilai di dunia, dan telah memelopori segalanya, mulai dari iPhone dan iPod, hingga Apple Watch.

Apple berkembang jauh sejak Wozniak menemukan perangkatnya.