IFBC Banner

Hasil Autopsi Ulang Brigadir J Baru Keluar 2 Bulan Lagi, Kenapa Begitu?

Senin, 01 Agustus 2022 – 18:30 WIB

Brigadir J

Brigadir J

JAKARTA, REQnews - Autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J, baru akan keluar sekitar dua bulan sejak proses tersebut dilakukan.

IFBC Banner


Ketua Tim Forensik dari RSCM Ade Firmansyah menjelaskan, saat ini proses autopsi sudah masuk pada penelitian bahan 45 slide mikroskopik, yang diambil dari 20 sampel.

"Jadi, gini kalau tahapannya itu abis kita ambil sampel, itu kan ini diproses. Dari 20 an sampel yang kita ambil dari tubuh jenazah almarhum, jadi awal ini kita proses sudah jadi 45 slide," kata Ade, seperti dikutip dari Merdeka, Senin 1 Agustus 2022.

Namun, proses itu membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar delapan pekan atau dua bulan, untuk meneliti setiap jaringan menggunakan alat khusus.

"Slide mikroskopik. Jadi dari jaringan, jaringan diproses terus jadi slide mikroskopik, nanti diperiksa dibawah mikroskop," ujar Ade menambahkan.

Dengan memakai alat untuk melihat sel jaringan tersebut, Ade menerangkan, tim akan meneliti setiap slide yang sudah diambil dari sampel Jenazah Brigadir J.

"Kalau slide kurang pas, kita akan minta potong dari jaringan dan kita bisa minta diproses jadi slide lagi lalu kita periksa lagi. Ini ada 45 slide," ucapnya.

Proses ini tidaklah mudah. Ade mengakui, jika slide yang diambil tidak tepat, maka akan diulang dengan memotong sampel lainnya.

"Nah, kita perlu motong lagi, kita proses lagi pasti akan nambah lagi. Nah itulah yang dua sampai empat minggu butuh waktu pemrosesan itu karena itu.Banyak yang harus kita periksa," kata Ade.