Calon Hakim Konstitusi Jalani Tes Wawancara Mulai Hari Ini

Rabu, 11 Desember 2019 – 14:00 WIB

Wawacara calon hakim MK (Foto:Istimewa)

Wawacara calon hakim MK (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews  - Delapan orang calon hakim Konstitusi pada Rabu-Kamis, 11-12 Desember 2019 akan menjalani tes wawancara yang dilakukan Panitia seleksi (pansel) hakim Mahkamah Konstitusi.

"Hari ini akan ada lima orang yang diwawancara, sedangkan besok ada 3 orang," kata Ketua Pansel Hakim Konsitusi Harjono di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Para calon hakim konstitusi itu akan diwawancara oleh 5 orang panitia seleksi yang terdiri dari Harjono, Maruarar Siahaan, Alexander Lay, Edward Omar Sharif Hiariej dan Sukma Violetta serta panelis dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang juga Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Prof Aji Samekto.

"Wawancaranya meliputi penguasaan Undang-Undang Dasar 1945, persoalan berkaitan Mahkamah Konstitusi, track record calon serta persoalan sosial dan budaya," tambah Harjono.

Tes berlangsung pukul 09.00 WIB sampai selesai di ruang Serbaguna Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran No. 17-18, Jakarta Pusat.

Masing-masing peserta mendapat waktu 1 jam 15 menit untuk wawancara. Masyarakat boleh menyaksikan langsung wawancara tersebut

Nantinya, nama hakim terbaik diserahkan ke Presiden Jokowi pada 18 atau 19 Desember 2019.