Data Terbaru, 5.571 Jiwa Jadi Korban Banjir Solok Selatan

Sabtu, 14 Desember 2019 – 20:00 WIB

Banjir di Solok Selatan (foto: istimewa)

Banjir di Solok Selatan (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Jumlah korban banjir Solok Selatan hingga Sabtu 14 Desember 2019 tercatat sudah mencapai 5.571 jiwa dari 1.655 kepala keluarga atau KK.

Data ini disampaikan Sekretaris BPBD Solok Selatan, Dicky Nanda Utama, yang mengatakan jumlah itu tersebar di tiga kecamatan, yakni Koto Parik Gadang Diateh, Sangir Batang Hari dan Sungai Pagu.

"Itu data terbaru yang dihimpun kawan-kawan-kawan dari lapangan," kata Dicky.

Selain itu, BPBD mencatat jumlah rumah warga yang terendam banjir sebanyak 1.501 unit, 15 di antaranya rusak berat dan satu rusak ringan. 

Jumlah warga yang mengungsi tercatat sebanyak 43 kepala keluarga. Lalu, BPBD juga menemukan adanya fasilitas yang rusak, yakni dua jembatan.

Dari tiga kecamatan yang dilanda banjir Solok Selatan tersebut, yang paling parah ialah di Kecamatan Sungai Pagu. Di Kecamatan tersebut warga terdampak sebanyak 585 KK atau 2.052 jiwa. 420 warga mengungsi dan 530 rumah warga terendam air dan lumpur.

Kemudian kondisi cukup parah di Kecamatan Sangir Batang Hari yang meliputi Nagari Lubuk Ulang Aling, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, dan Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah.

Total warga terdampak di tiga nagari tersebut sebanyak 216 kepala keluarga. Untuk data korban jiwa sejauh ini satu orang anak balita, yakni Aldi Kurniawan (4 tahun), yang hanyut di Batang Pulakek, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan. (ryv)