Ngurus SIM di Gresik Wajib Lolos Tes Psikologi, Berlaku 16 Desember 2019

Sabtu, 14 Desember 2019 – 22:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

GRESIK, REQnews - Kepolisian Resort Gresik, Jawa Timur, bakal menerapkan tes psikologi bagi warga yang hendak membuat ataupun memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan tes ini dilakukan dalam rangka menekan angka kecelakaan. Nantinya, tes psikologi akan melengkapi agenda tes kesehatan jasmani yang sudah lebih dulu diterapkan saat pengurusan SIM.

"Tujuan utamanya memang untuk dapat menekan angka kecelakaan. Karena itu, mulai tanggal 16 Desember secara serentak akan dilaksanakan di seluruh jajaran Polres se-Polda Jawa Timur, tidak hanya di Gresik saja," ujar Erika saat dihubungi, Sabtu 14 Desember 2019.

Lebih lanjut Erika menjelaskan, tes psikologi tersebut menggandeng lembaga psikologi yang sudah menjalin kerja sama dengan Polda Jawa Timur.

"Saya informasikan bahwa yang melaksanakan tes psikologi adalah, lembaga psikologi kredibel yang sudah MoU dengan Polda Jatim. Jadi yang melaksanakan bukan dari Polri," jelasnya.

Menurut Erika, nantinya lembaga yang bakal menggelar tes psikologi bagi para pemohon SIM akan dilakukan oleh Musa Perkasa Berjaya Konsultan Psikologi (MPBKP).

Rencana ini akan mulai aktif, Senin 16 Desember 2019 mendatang dan secara bertahap akan diterapkan di seluruh Polres di Jawa Timur.

"Tidak hanya di Gresik, tapi nantinya seluruh Polres se-Polda Jawa Timur tes psikologinya akan dilakukan oleh lembaga tersebut," ucap dia.

Erika juga menyebut, penyelenggaraan tes psikologi kepada para pemohon SIM dan mereka yang hendak memperpanjang, sudah sesuai dengan Undang Undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, serta Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Sedangkan Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satuan Lalu Lintas (Kanit Regident Satlantas) Polres Gresik Iptu Bachtiar Arifin mengatakan, biaya tes psikologi nantinya di luar dari ongkos pembiayaan pembuatan atau perpanjangan SIM.

"Untuk biaya tes psikologi, nanti dari tim psikologinya," terang Bachtiar.

Polres Gresik juga telah mengadakan coaching clinic bagi para pemohon hingga mencegah percaloan dengan penukaran KTP pemohon dengan kartu akses masuk gedung Satlantas. (Ananda)