Masjid Juga Jadi Sasaran Teror Anak Kobra, Fenomena Apa Ini?

Rabu, 18 Desember 2019 – 02:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Teror ular kobra tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan, anak-anak ular kobra bukan hanya bersembunyi di rumah warga, tapi juga sudah memasuki masjid.

Seperti yang terjadi di Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, sebanyak 31 anak ular kobra ditemukan dalam Masjid At Taqwa.

Puluhan anak ular itu diduga masuk melalui lubang saluran pipa pompa air yang berada dekat dengan ruangan imam masjid. Puluhan ular ini mulai diketahui pada Sabtu 14 Desember lalu.

"Kita lihat hari Sabtu kemarin ada satu ekor di ruang imam. Ternyata di lipatan karpet ada beberapa ekor anak ular kobra lagi. Sampai saat ini ada 31 anak ular yang ditangkap dan sementara di tempatkan di aquarium," kata Takmir Masjid At Taqwa, Lanjar, Selasa 17 Desember 2019.

Menurut Lanjar, kemungkinan besar ada induk ular yang masuk masjid tanpa diketahui, lalu meninggalkan anak-anaknya. Kini, lubang itu sudah ditutup dengan cor oleh petugas agar tak lagi dimasuki ular.

Kabid Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukoharjo, Margono mengatakan, sejauh ini pihak damkar sudah menerima sejumlah laporan ular masuk rumah. Damkar, kata dia, yang cukup lengkap dan petugas yang sewaktu-waktu siap membantu warga untuk menangkap ular masuk rumah dimiliki.

"Awal musim hujan memang waktu menetasnya telur ular. Sehingga populasinya meningkat dan itu siklus wajar," ujar Margono.