Ketua Tim Rescue Observer Reptil Tangerang Kritis Dipatuk Ular Kobra Saat Sisir Permukiman

Minggu, 22 Desember 2019 – 10:00 WIB

Ular Kobra (Foto: Istimewa)

Ular Kobra (Foto: Istimewa)

TANGSEL, REQNews - Saat melakukan penyisiran, Ketua Tim Rescue Turandi (30) dipatuk ular jenis ular Kobra Jawa di Perumahan Pondok Kacang Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu, 21 Desember 2019 malam.

Kejadian saat sejumlah Tim Rescue yang merupakan Satgas dari Observer Reptil Tangerang melakukan penyisiran di area permukiman. Para aktivis datang ke lokasi karena diminta warga setempat, guna mendeteksi keberadaan ular untuk diamankan.

Tim tersebet berjumlah 10 orang dan berpencar mencari keberadaan ular. "Kita rutin menyisir area-area permukiman yang rawan peredaran ular," kata Abdu Kholik, Juru Bicara Tim Rescue.

Pada saat itu, Turandi pun mencurigai keberadaan ular di semak belukar yang terdapat di permukiman warga. Lantas, dia mengarahkan tongkat penjepitnya ke rerimbunan semak. Ketika itu pula seekor ular Kobra Jawa langsung nyerang matuk ke arah tapak tangan kirinya.

Tubuh Turandi seketika lunglai. Dia semakin lemas dan menggigil. Beruntung teman-temannya langsung melarikan ke RSU Tangsel.

Kejadian sekira jam 20.30 WIB, lalu setengah jam kemudian udah dirawat ke RSU Tangsel.

Petugas IGD RSU langsung melakukan penanganan darurat. Meski telah disuntik serum, kondisi Turandi belum menunjukkan peningkatan.

Menurut Abdu Kholik kondisi Turandi belum menunjukkan membaik, beberapa kali dia masih muntah-muntah, wajahnya pun kian terlihat memucat.

Hasil operasi penyisiran malam itu, Tim Rescue berhasil mengamankan 2 ekor ular Kobra. Termasuk salah satunya adalah Kobra yang mematuk tangan kiri Ketua Team Rescue Observer Reptil Tangerang, Turandi.