Awas Modus Baru! Narkotika Cair Disemprotkan ke Serat Kain

Minggu, 22 Desember 2019 – 14:30 WIB

Narkotika cair (Foto:Istimewa)

Narkotika cair (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan tiga modus operasi baru di sepanjang tahun 2019. Salah satunya dengan cara menyemprotkan narkotika cair ke serat kain atau baju tersangka.

Peredaran dan penyelundupan narkoba terus mengalami perubahan dan inovasi, ada penyelundupan sabu yang diletakkan di tabung gas elpiji di Kalimantan Utara, pengungkapan 200 kilogram ganja yang dibawa dengan menggunakan truk sayuran.

“Pengungkapan ganja yang dibawa dengan menggunakan mobil boks limbah berbahaya dan sisa medis atau rumah sakit serta pengungkapan pil PCC sebanyak 1,65 juta butir di Tasikmalaya, Kebumen dan Cilacap dengan kedok pabrik sumpit,” ujar Kepala BNN Heru Winarko, di Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

Sekedar informasi, BNN menyita sejumlah barang bukti narkotika dari seluruh Indonesia sepanjang tahun 2019. Narkoba itu didapatkan dari pengungkapan sebanyak 33.371 di tahun ini.

Barang haram tersebut terdiri dari narkotika jenis ganja dengan total sebesar 112,2 ton, sabu seberat 5,01 ton, ekstasi sebanyak 1,3 juta butir dan PCC sebanyak 1,65 juta butir.