Kini Giliran Netflix yang Diblokir, Pemerintah Mau Membodohi Masyarakat Ya?

Kamis, 26 Desember 2019 – 01:00 WIB

Netflix

Netflix

JAKARTA, REQnews - Tak puas dengan upaya pemblokiran situs penyedia film bajakan IndoXXI, kini platform film legal asal AS, Netflix diblokir oleh Telkom.

Parahnya, pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tak bisa berbuat apa-apa dengan pemblokiran tersebut, karena merupakan urusan bisnis antara Telkom dengan Netflix.

"Kalau yang business to business kita serahkan pada business to business ya. Apa relasinya mungkin ada sifatnya komersial itu business to business. Tapi dari sisi Pemerintah ikuti aturan," kata Menkominfo Johnny G Plate di Jakarta, Rabu 25 Desember 2019.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena masih banyak cara untuk menikmati film-film secara legal, salah satunya seperti menonton di bioskop.

Masalahnya, tidak semua daerah atau kota ada layanan bioskopnya. Sebagian besar masyarakat justru mengandalkan platform streaming film untuk menikmati berbagai macam tayangan.

Padahal, film juga diakui sebagai salah satu wadah pembelajaran. Dengan pemblokiran platform streaming film, apakah ada upaya pemerintah untuk membuat masyarakat menjadi bodoh dan buta dengan film-film yang tengah berkembang di luar negeri? (ryv)