Fahmi Darmawansyah Divonis 3,5 Tahun Penjara

Kamis, 21 Maret 2019 – 14:00 WIB

Fahmi Darmawansyah, (foto;istimewa)

Fahmi Darmawansyah, (foto;istimewa)

BANDUNG, REQNews - Fahmi Darmawansyah, suami dari artis Inneke Koesherawati divonis 3,5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan penjara. 

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung menyatakan Fahmi bersalah telah melakukan tindakan korupsi dengan suap Wahid Husein yang saat itu menjabat sebagai Kepala Lapas Sukamiskin. 

"Menyatakan bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan korupsi secara bersama sama dengan dijatuhi hukuman tiga tahun enam bulan penjara dengan denda sebesar Rp 100 juta," kata Ketua Majelis Hakim Sudria, di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (20/3/2019). 

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yaitu hukuman pidana selama lima tahun, denda Rp 200 juta dan subsider enam bulan kurungan. 

Hakim mengemukakan, hal yang memberatkan terdakwa, yakni tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi dan mengulangi perbuatannya menyuap penyelenggara negara. 

Sedangkan, yang meringankan terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, menyesali semua perbuatannya dan memiliki tanggungan yaitu seorang istri dan dua orang anak yang masih sekolah. 

Hakim mempersilakan kepada Fahmi yang sudah dijatuhi vonis untuk melakukan banding. Setelah berdiskusi dengan kuasa hukumnya Fahmi kembali ke bangku sidang dan menjawab pertanyaan hakim. "Saya pikir-pikir dulu pak majelis," kata Fahmi.(nls)