Dituding Memeras, Kasatreskrim Polres Jaksel Diperiksa Propam

Selasa, 14 Januari 2020 – 17:00 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto:Istimewa)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Jakarta Selatan AKBP Andi Sinjaya Ghalib diperiksa Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya terkait isu tudingan pemerasan.


"Untuk mengonfirmasi isu tersebut, bukan karena ada laporan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Januari 2020.

Sebelumnya, Ketua Umum Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane melaporkan dugaan pemerasan yang dilakukan Andi. Neta menuding Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan memeras seorang pelapor kasus pengrusakan lahan hingga Rp1 miliar. Neta sudah melaporkan kasus tersebut kepada Kapolda Metro Jaya yang saat itu dijabat Irjen Gatot Eddy Pramono.

Neta juga mengatakan rotasi Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan terkait kasus itu.

Yusri membantah Andi dirotasi lantaran kasus itu. Dia menyebut rotasi buat kebutuhan polisi atas keahlian yang dimilikinya.

"Andi ini orang yang punya pendidikan yang bagus sehingga dibutuhkan oleh institusi kita untuk dijadikan tenaga pendidik, ini pertimbangan institusi," ujar Yusri.