Tambah Panas, Iran Berencana Usir Dubes Inggris!

Rabu, 15 Januari 2020 – 01:00 WIB

Presiden Iran Hassan Rouhani

Presiden Iran Hassan Rouhani

JAKARTA, REQnews - Pemerintah Iran menyampaikan pernyataan terbaru yang mengejutkan. Teheran berencana segera mengusir Duta Besar Inggris untuk Iran Rob Macaire karena diduga telah melanggar hukum di negara tersebut.

Juru bicara kehakiman Iran Gholam Hossein Esmaili menyebut, Macaire sudah digolongkan sebagai persona non grata atau orang yang kehadirannya tak lagi diinginkan. 

"Rob Macaire tidak menghormati hukum Republik Islam iran. Dia harus diusir," ujar Esmaili, seperti dikutip dari Tasnim, Selasa 14 Januari 2020.

Esmaili menjelaskan, Macaire telah terlibat dalam demonstrasi antipemerintah di Teheran. Aksi massa itu sebelumnya memprotes kecerobohan militer Iran atas insiden penembakan pesawat Ukraina.

Parahnya, demonstrasi yang diduga digerakkan Macaire itu justru mendesak agar Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei untuk mundur. Jelas saja, tuntutan itu membuat mayoritas warga Iran geram.

Akhir pekan lalu Kepala Divisi Kedirgantaraan Garda Revolusi Iran Amir Ali Hajizadeh mengatakan unitnya bertanggung jawab penuh atas penembakan pesawat Ukraine International Airlines pada 8 Januari lalu.

Iran telah mengundang pakar dari Ukraina, Kanada, Inggris, dan AS untuk turut menyelidiki insiden tersebut. Pemerintah Iran menegaskan akan bersikap transparan dan tak menghalangi upaya penyelidikan tim pakar dari negara-negara terkait. (ryv)