Pemkab Purworejo Akan Menutup Keraton Agung Sejagat

Rabu, 15 Januari 2020 – 07:30 WIB

Keraton Agung Sejagat (Foto:Istimewa)

Keraton Agung Sejagat (Foto:Istimewa)

PURWOREJO, REQNews - Pemkab Purworejo akan segera menutup Keraton Agung Sejagat, karena dinilai keberadaannya meresahkan dan terindikasi menyimpang. 

Seblumnya pihak pemda dan lembaga-lembaga terkait melakukan rakor pembahasan tentang keberadaan Keraton Agung Sejagat di Ruang Bagelen, kompleks Setda Purworejo, Selasa, 14 Januari 2020.

"Pak Bupati kebetulan saat ini masih di Jakarta, sudah menyampaikan kepada kami dan ada masukan dari beberapa pihak bahwa kegiatan di keraton tersebut akan segera dihentikan sampai dengan nanti seluruh hal yang terkait itu dipenuhi," ujar Asisten 3 Bidang Administrasi dan Kesra Setda Purworejo, Pram Prasetyo Achmad.

Lebih lanjut Pram mengemukakan, usur dipenuhi itu adalah seandainya budaya maka aspeknya harus dipenuhi, misal lembaga keormasan maka yang terkait dengan itu juga harus dipenuhi.

Keraton Agung Sejagat yang dipimpin oleh pasangan suami istri yakni Totok Santosa Hadiningrat dan Dyah Gitarja itu terletak di Desa Pogung Jurutengah, RT 03/ RW 01, Kecamatan Bayan.

Pihak Pemkab dan stakeholder terkait, kata Pram, akan terus mendalami kegiatan di dalam keraton tersebut. Selain itu, bangunan keraton juga disebut tidak memiliki izin