Geger Penemuan Kerangka Manusia Duduk di Sofa Rumah Kosong di Bandung, Diduga Tunagrahita

Rabu, 15 Januari 2020 – 23:00 WIB

Kerangka manusia di rumah kosong di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Kerangka manusia di rumah kosong di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, REQnews - Warga di Kompleks Sukamenak, Margahayu, Kabupaten Bandung, digegerkan dengan penemuan kerangka manusia di sebuah rumah kosong. Kerangaka itu ditemukan dalam keadaan tertutup mantel.

Penemuan kerangka manusia ini pertama kali disadari oleh Suherman, seorang buruh lepas, pada Selasa Selasa 14 Januari 2020. Saat itu Suherman hendak membersihkan pekarangan rumah kosong tersebut atas perintah pemilik rumah Johan Rismana.

Namun saat memasuki pekarangan Suherman melihat rumput pekarangan seperti sudah ada yang memotong dan sudah ditanami pohon Singkong.

"(Selain itu) kaca jendela depan rumah pecah dan pintu rumah samping dalam keadaan terbuka yang biasanya terkunci rapat. Kemudian saksi masuk ke dalam ke ruang keluarga dan langsung kaget menemukan di atas kursi sofa yang diduga kerangka tulang manusia," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Saptono Erlangga, Rabu 15 Januari 2020.

Berdasarkan keterangan didapatnya, Suhermanmengaku terakhir membersihkan pekarangan rumah tersebut sekitar bulan Mei tahun 2019 dan belum pernah masuk lagi ke dalam rumah tersebut.

"(Sedangkan) menurut keterangan pemilik rumah, Saudara Johan Rismana membeli rumah tersebut pada bulan Februari tahun 2014 sudah dalam keadaan kosong dan belum pernah ditempati maupun direnovasi," kata Saptono.

Lebih lanjut Saptono menjelaskan bahwa dugaan sementara kerangka yang ditemukan itu merupakan orang keterbelakangan mental.

"Kalau menurut saya, ya masih banyak orang keterbelakangan (tunagrahita), ya saya kira kemungkinan ya, (kerangka) itu orang yang ada keterbelakangan (mental)," kata dia.

"Karena logikanya kalau dia duduk di kursi kalau menggunakan mantel pasti panas kan, dengan kondisi (rumah) yang tidak layak diisi oleh manusia karena kotor. Sudah sekian tahun enggak diisi. Karena aneh, duduk di kursi tapi pakai mantel," lanjutnya.

Sebab, kata Saptono, rumah tersebut sudah sejak tahun 2014 dalam keadaan kosong dan tak terawat. Selain itu, berdasarkan keterangan tetangga juga tidak tercium bau busuk dari rumah itu.

"Saya sudah tanya tetangganya itu tidak pernah ada hal yang mencurigakan, tidak mencium bau apa-apa karena di situ banyak selokan kurang bersih, ya karena mungkin lebih bau selokan. Kemudian saya tanya, kalau ada bangkai (biasanya) banyak lalat, (katanya) enggak pernah," tutur Saptono.

Hingga saat ini pihak kepolisian belum bisa memastikan sejak kapan kerangka manusia tersebut berada di rumah kosong itu. Termasuk jenis kelamin kerangka.

"Saya enggak bisa memastikan yah. Kalau dilihat itu sudah habis, enggak ada apa-apanya, tinggal tulang belulang. Bagian atas kepala sudah copot, cuma bagian rambut ada sebelah yang masih ada rambutnya. Kita enggak bisa memastikan jenis kelaminnya karena laki-laki juga ada yang rambutnya panjang ya," jelasnya.

Saat ini, kata Saptono, pihaknya telah membawa kerangka tersebut ke Rumah Sakit Sartika Asih Kota Bandung untuk diperiksa lebih lanjut.