DKPP Copot Wahyu Setiawan dari Jabatan Komisioner KPU

Kamis, 16 Januari 2020 – 20:00 WIB

Wahyu Setiawan (Foto:Istimewa)

Wahyu Setiawan (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP)  memutuskan bahwa Wahyu Setiawan melanggar etik dan dicopot dari jawabatannya. Ini merupakan putusan DKPP yang menggelar sidang putusan pelanggaran etik Komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait suap Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan hari ini, Kamis, 16 Januari 2020.

DKPP memutuskan bahwa Wahyu Setiawan melanggar etik dan dicopot dari jawabatannya.

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Wahyu Setiawan selaku anggota KPU RI sejak putusan ini dibacakan," ujar Plt Ketua DKPP, Muhammad saat membacakan putusan di ruang sidang DKPP, di Jakarta Pusat, Kamis, 16 Januari 2020.

Muhammad meminta agar Bawaslu mengawasi keputusan itu. Dia juga meminta agar Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan putusan itu paling lambat 7 hari setelah dibacakan.

Sidang dipimpin langsung oleh Muhammad dan dua Anggota DKPP, Ida Budhianti dan Teguh Parsetyo. Sidang tersebut tidak dihadiri oleh Wahyu sebagai teradu.

Sementara pihak pengadu dihadiri oleh Ketua Bawaslu, Abhan beserta Anggota Bawaslu, Rahmad Bagja dan Ratna Dewi Pettalolo. Sedangkan dari pihak terkait hadir Ketua KPU, Arief Budiman dan Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, serta Viryan Aziz.