Helmy Yahya Tempuh Jalur Hukum Usai Ditendang Dewas TVRI

Sabtu, 18 Januari 2020 – 00:00 WIB

Helmy Yahya

Helmy Yahya

JAKARTA, REQnews - Helmy Yahya tak tinggal diam setelah dirinya dipecat dari kursi Direktur Utama TVRI oleh dewan pengawas (dewas). Rencananya, Helmy akan menempuh jalur hukum terkait pemberhentian tersebut.

Disampaikan kuasa hukum Helmy, Chandra Hamzah, saat ini pihaknya sedang menyiapkan langkah hukum tersebut. Ia berkata, upaya itu adalah hak setiap warga negara yang dilindungi undang-undang.

"Setiap warga negara punya hak untuk pertahankan haknya, dan Helmy Yahya akan menggunakan itu," kata Chandra di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Namun, ia belum menjelaskan langkah-langkah apa secara spesifik yang akan ditempuh kliennya. Ia hanya berkata, dalam waktu satu pekan ke depan, tuntutan terhadap Dewas TVRI segera dipublikasi.

"Akan kami sampaikan mengenai isi dan ke mana. Mengenai fakta kami sudah paham tinggal kami formulasikan apa yang menjadi tuntutan kami," ujarnya.

Sebelumnya, Dewas TVRI telah resmi memberhentikan Helmy Yahya sebagai dirut TVRI. Salah satu poin yang mendasari pemecatan Helmy karena pembelian program Liga Inggris yang tayang setiap Sabtu dan Minggu.