Rekaman Menghina Presiden Bocor, PM Ukraina Mundur

Sabtu, 18 Januari 2020 – 03:00 WIB

PM Ukraina Oleksiy Honcharuk

PM Ukraina Oleksiy Honcharuk

JAKARTA, REQnews - Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk resmi mengundurkan diri, setelah rekaman audio percakapannya tengah menghina Presiden Volodymyr Zelensky bocor ke publik.

Merasa malu dan penuh tekanan, Honcharuk menyampaikan pengunduran dirinya kepada sang presiden melalui sebuah surat pada Jumat 17 Januari 2020 waktu setempat.

"Untuk menghilangkan keraguan soal rasa kepercayaan saya bagi presiden, saya tulis sebuah surat pengunduran diri, lalu saya serahkan ke presiden dan parlemen," ujar Honcharuk.

Diketahui, rekaman audio itu berisi percakapan yang menunjukkan Honcharuk telah mengeluarkan kata-kata hinaan kepada Presiden Zelensky, yang dianggapnya tak tahu apa-apa soal perekonomian negara.

Rekaman itu beredar pada awal pekan ini. Honcharuk sempat membela diri dan menyebut rekaman itu sudah diedit, yang merupakan kompilasi dari potongan pembicaraan di rapat-rapat pemerintahan.

Ia menuduh ada kelompok tertentu yang seakan-akan ingin membuatnya terlihat tidak menghormati Presiden Zelensky sebagai kepala negara.

Kamis lalu, para anggota parlemen dari partai oposisi, Opposition Platform-For Life, menyerukan pengunduran diri Honcharuk. Disebutkan oposisi bahwa Honcharuk dan kabinet pemerintahannya telah mendiskreditkan Presiden Ukraina dan memperburuk krisis ekonomi di negara tersebut.