Dianggap Salahi Aturan, Firli: Kalau Mau Laporkan KPK Silakan!

Sabtu, 18 Januari 2020 – 14:30 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri

JAKARTA, REQnews - Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan pihaknya terbuka jika ada yang tak puas dengan kinerja lembaga antirasuah. Ia juga membuka pintu bagi siapapun yang ingin melaporkan KPK, karena itu sudah diatur dalam UU.

"Kalau ada yang mau melaporkan, silakan. Ada Dewan Pengawas (Dewas)," kata Firli, Sabtu 18 Januari 2020.

Pernyataan ini disampaikan Firli sebagai tanggapan terhadap langkah tim hukum PDIP yang menyambangi Dewas KPK terkait kasus PAW yang menjerat Wahyu Setiawan dan Harun Masiku.

Firli berkata, pihaknya dalam menangani kasus korupsi sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Kalaupun ada yang dianggap pelanggaran, Firli yakin Dewas KPK pasti akan menilainya.

"Semua aktivitas yang dilakukan oleh kami adalah sesuai peraturan perundang-undangan," Ujar Firli.

"Kan ada Dewan Pengawas yang menilai, jadi bukan saya," kata dia menambahkanu

Sebelumnya, pada Rabu 15 Januari 2020 malam, DPP PDI Perjuangan membentuk tim hukum untuk menghadapi berbagai framing dalam kasus dugaan suap pengurusan penetapan calon anggota legislatif (caleg) terpilih yang menjerat Harun Masiku dan eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan.

Hingga Jumat 17 Januari kemarin, tim tersebut telah menyambangi sejumlah institusi mulai dari KPU, Dewan Pers, hingga melayangkan laporan ke Dewas KPK.