Diangkut Pakai Truk, Ini Pimpinan ISIS Berbobot 136 Kg Ketika Ditangkap Tentara Irak

Selasa, 21 Januari 2020 – 08:00 WIB

Pimpinan ISIS  Shifa al-Nima (Foto:dailymail)

Pimpinan ISIS Shifa al-Nima (Foto:dailymail)

IRAK, REQNews - Pemimpin ISIS yang gemuk ditangkap di Irak karena begitu berat sehingga harus dimuat di belakang truk. Shifa al-Nima, dianggap sebagai salah satu tangkapan terbesar dalam beberapa bulan terakhir, diangkut dari Mosul bolthole miliknya oleh pasukan keamanan Irak.

Dilansir dari dailymail, ia bahkan dijuluki Jabba the Hutt, salah satu penjahat di film Star Wars yang berbadan gemuk. Polisi Irak mengatakan Shifa al-Nima sebagai salah satu pemimpin utama ISIS.

Teroris itu, yang tidak bisa diangkut dengan mobil polisi, digambarkan terjepit bersama senapan mesin yang terpasang di belakang kendaraan truk terbuka.

Tidak jelas bagaimana pria itu, yang dilaporkan memiliki berat setidaknya 136 Kg, dipindahkan dari tempat persembunyiannya.

Polisi Irak mengatakan Shifa al-Nima itu dianggap sebagai salah satu pemimpin utama ISIS.

al-Nima, yang juga dikenal sebagai Abu Abdul-Bari, telah dituduh memerintahkan penghancuran makam Nabi Yunus, atau Yunus, di Mosul, yang dilakukan pada tahun 2014.

Kuil kuno dianggap sebagai tempat peristirahatan terakhir nabi oleh umat Kristen dan Muslim.

Seorang warga Inggris yang berperang melawan ISIS di Suriah, Macer Gifford, mengatakan "Saya senang mengatakan bahwa Jabba the Hutt milik Negara Islam telah ditangkap di Mosul yang bertanggung jawab atas eksekusi pria, wanita, dan anak-anak. Hewan ini diperkosa dan dibunuh."

Aktivis pendiri think-tank kontra-ekstremis, Maajid Nawaz, menyambut baik penangkapan itu dan berkata: "Adalah baik bahwa warga Suriah, Irak dan lainnya menyaksikan pelemahan dari pembunuh ini.

'Bahwa dia gemuk, tidak bisa bergerak dan dihina ini adalah pukulan lain bagi orang-orang dungu ISIS yang mengira Tuhan menyertai mereka.