RSUP H Adam Malik Medan Siaga, Virus Corona Masuk Indonesia?

Sabtu, 25 Januari 2020 – 08:00 WIB

Virus Korona/Corona

Virus Korona/Corona

JAKARTA, REQnews - RUSP H Adam Malik Medan dilaporkan sudah menerapkan siaga penuh di tengah ancaman virus Corona yang berasal dari Wuhan, Cina, yang kini menjadi kekhawatiran dunia

Koordinator Penanganan Virus Corona RSUP HAM dr Ade Rahmani mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 20 dokter sekaligus bilamana virus ini menyerang masuk ke Indonesia, khususnya Medan.

"Di dalamnya termasuk ada dokter paru, penyakit dalam, spesialis anastesi, THT, PPA. SK-nya sudah dari direktur," kata Ade, Jumat 24 Januari 2020.

Ia memastikan, RSUP HAM memiliki kesiapan yang cukup terkait sumber daya dalam penanganan virus mematikan tersebut. Pihaknya juga telah menyiapkan ruang isolasi khusus bilamana ada yang dinyatakan positif terjangkit.

Ade memaparkan, ciri-ciri penyakit yang disebabkan virus corona ini adalah sesak napas, batuk kering, demam, dan lemas. Warga diingatkan untuk lebih waspada, terutama yang memiliki riwayat bepergian ke Cina.

Sebagai langkah antisipasi serius, RSUP H Adam Malik juga bekerja sama dengan pihak kesehatan di Bandara Kualanamu dan Pelabuhan Belawan. Setiap penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius akan diperiksa.