Setelah Viral di Medsos, Polisi Baru Tangkap Pencuri Ban Mobil di Bekasi

Rabu, 29 Januari 2020 – 23:00 WIB

Ilustrasi pencurian

Ilustrasi pencurian

CIKARANG, REQnews - Pencuri ban mobil akhirnya ditangkap polisi hanya satu hari setelah video hasil aksinya viral di media sosial. Padahal peristiwanya terjadi dua bulan lalu atau Minggu 15 Desember 2019.

Sementara video sebuah minibus yang kehilangan bannya saat parkir di Mal Living Plaza Cikarang, beredar sejak Senin 27 Januari 2020. Sedangkan sejak Desember 2019 hingga kemarin tidak ada upaya polisi untuk menangkap pelakunya.

"SS (pencuri ban) ini melakukan aksinya seorang diri dan sudah mempersiapkan peralatan untuk melakukan aksinya seperti dongkrak, kunci shock serta bata hebel yang disimpan di dalam mobil Toyota Rush warna silver yang dikendarainya," kata Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan di Cikarang, Rabu 29 Januari 2020.

Hendra menjelaskan untuk memudahkan aksinya, pelaku memarkirkan mobil yang dikendarainya di sebelah mobil korban. Dalam waktu kurang lebih satu jam, SS berhasil membuka keempat velg dan ban mobil korban menggunakan dongkrak dan kunci shock lalu mengganjalnya bekas velg dan ban mobil yang telah dicopot dengan bata hebel.

Menurut pengakuannya kepada polisi yang menyidiknya, SS mengaku sudah melakukan aksinya sebanyak empat kali.

Aksi pertama dilakukan pelaku pada Rabu (28/8/2019) dini hari di Citywalk Jalan Ki Hajar Dewantara, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara. Selanjutnya Minggu (15/12/2019) di tiga lokasi berbeda yakni Living Plaza Jababeka, Plaza Jababeka, serta RS Siloam Lippo Cikarang.

Barang-barang curian tersebut semula ditawarkan melalui media sosial tetapi tidak ada yang tertarik. Akhirnya SS menjualnya ke pedagang rongsok keliling dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per buah.


Atas perbuatannya SS terancam dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.