Mantan Presiden AS Kritik Solusi Damai Donald Trump untuk Palestina

Sabtu, 01 Februari 2020 – 08:00 WIB

Jimmy Carter

Jimmy Carter

JAKARTA, REQnews - Solusi perdamaian Palestina-Israel yang digaungkan Presiden AS Donald Trump mendapat kritikan pedas dari banyak pihak, termasuk di dalam negerinya sendiri.

Eks Presiden AS Jimmy Carter salah satunya, yang mengkritik solusi tersebut dan mengatakannya sebagai perusak prospek perdamaian Palestina-Israel di masa depan.

"Jika diimplementasikan, rencana itu akan menghancurkan satu-satunya solusi untuk konflik jangka panjang ini, yaitu solusi dua negara," kata Carter, seperti dikutip dari CNN, Jumat 31 Januari 2020.

Ia dengan tegas menyebut, Trump sudah mengacaukan solusi dua negara yang telah disepakati berdasarkan perjanjian perbatasan 1967, yang telah mati-matian dirumuskan oleh PBB.

Selain itu, Carter menyebut solusi itu melanggar hukum internasional. Trump diangggapnya telah membenarkan pembebasan tanah secara paksa dan pencaplokan wilayah serta tak mengindahkan nasib hak-hak warga Palestina.

Sebelumnya, Trump mengumumkan rencana perdamaiannya untuk kedua negara, yakni dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tanpa harus berbagi dengan Palestina.

Tak sampai di situ, Trump juga mengakui pendudukan Israel atas sebagian wilayah Tepi Barat dan Lembah Yordan. Padahal, wilayah itu secara hukum internasional sah merupakan bagian dari Palestina.