Ngeri! Tolak Karantina Corona di Hong Kong Bisa Dihukum Penjara

Sabtu, 08 Februari 2020 – 01:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Hong Kong menerapkan aturan yang ketat terhadap seluruh orang yang diketahui datang dari Cina daratan. Otoritas Hong Kong memastikan, semua yang datang harus dikarantina, jika menolak akan dipenjara.

Tak main-main, untuk mengidentifikasi orang Cina daratan, Hong Kong sampai-sampai mengerahkan pasukan sukarelawan. Jika kedapatan, maka wajib ikut karantina, atau memilih penjara selama enam bulan.

Otoritas setempat memberlakukan wajib karantina corona selama 14 hari khusus bagi warga Cina daratan yang datang. Upaya ini juga sebagai buntuk pelarangan pergerakan lintas batas akibat mewabahnya corona.

Sejauh ini, corona telah menewaskan 600 orang di seluruh dunia. Warga Hong Kong yang datang dari Cina diizinkan menjalani masa karantina sendiri di rumah.

"Jika tidak menentukan akomodasi, mereka akan dibawa ke fasilitas sementara yang disiapkan oleh pemerintah," kata Menteri Pangan dan Kesehatan Hong Kong Sophia Chan, Jumat 7 Februari 2020.

Siapa pun yang sempat mengunjungi Cina daratan selama 14 hari terakhir lalu datang ke Hong Kong melalui tempat lain juga akan dikarantina. Pemerintah akan menyambangi atau menelepon orang-orang yang dikarantina itu setiap hari.