Pemerintah Setop Kirim Tenaga Kerja ke 3 Negara Ini karena Corona

Rabu, 12 Februari 2020 – 09:30 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Pemerintah melalui Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memutuskan untuk menyetop sementara pengiriman tenaga kerja ke tiga negara, yakni Cina, Hong Kong dan Taiwan.

Keputusan ini diambil BP2MI karena khawatir terhadap penyebaran virus mematikan corona yang kian hari kian memburuk di tiga negara tersebut.

"Kemenaker melarang pengiriman WNI saat ini ke daratan Cina, dan mengurangi dengan selektif ke Hong Kong dan Taiwan," kata Plt BP2MI Tatang Budi Utama Razak di Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

"Pemerintah sadar kondisi belum kondusif, terutama di Cina Daratan," ujarnya menambahkan.

Ia juga mengatakan, pihaknya menerima informasi bahwa Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri sudah diminta untuk terus menggunakan masker di tengah keramaian untuk mencegah penyebaran corona.

"Kalau ditanya sudah ada yang terjangkit tenaga kerja Indonesia di luar negeri? Ada satu, yang kena tapi sudah membaik," kata Tatang.

Menurutnya, virus corona ini merupakan wabah yang sangat ditakuti banyak negara. Sehingga pemerintah RI tak mau ambil risiko berbahaya agar virus itu tak masuk ke Tanah Air.