KPK di Bawah Komando Firli Bahuri Disebut Tak Bernyali

Kamis, 13 Februari 2020 – 10:30 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri

JAKARTA, REQnews - KPK di bawah komando Firli Bahuri sebagai ketua disebut tak bernyali menghadapi koruptor yang merusak negara. Terbukti, hingga kini kader PDIP tersangka suap Harun Masiku masih belum tertangkap.

Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas Feri Amsari blak-blakan menyebut KPK adalah lembaga yang tak punya nyali. Ia berkata, sebenarnya Firli tak berniat menangkap Harun Masiku.

"Pimpinan KPK tidak berniat menangkap. Terlihat bahwa KPK di bawah Firli kian tidak bernyali terhadap koruptor," ujar Feri, seperti dikutip dari Republika, baru-baru ini.

Feri juga mengkritik kinerja Dewan Pengawas yang tidak segera memproses laporan Wadah Pegawai KPK terkait dugaan pelanggaran etik Firli dan Pimpinan KPK lainnya.

Sebelumnya, Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP-KPK) melaporkan polemik pengembalian penyidik Kompol Rosa Purbo Bekti ke Mabes Polri kepada Dewan Pengawas KPK pada Jumat 7 Februari 2020 lalu.

Dari investigasi, WP-KPK menduga terdapat tindakan Firli dkk yang tidak sesuai prosedur bahkan berpotensi melanggar etik atas polemik tersebut.