Pesan Jokowi untuk Kepala Bakamla Baru Laksdya Aan Kurnia

Kamis, 13 Februari 2020 – 16:30 WIB

Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia

Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia

JAKARTA, REQnews - Laksamana Madya (Laksdya) TNI Angkatan Laut Aan Kurnia telah resmi menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu 12 Februari 2020.

Presiden Jokowi berharap, dengan tugas baru ini Laksdya Aan mampu membawa Bakamla menjadi coastguard yang hanya diberi kewenangan untuk menjaga seluruh perairan Indonesia dari berbagai ancaman.

"Bakamla itu menjadi embrio, coastguardnya Indonesia. Sehingga nanti lembaga yang lain memang kembali ke institusinya masing-masing dan yang diberikan kewenangan hanya Bakamla," kata Jokowi.

Untuk pemberian kewenangan khusus itu, Jokowi mengaku akan memprosesnya lebih lanjut menjadi sebuah regulasi. Hal ini ditujukan agar antara Bakamla dan institusi terkait lebih mudah bekerja sama.

"Ini masih proses regulasinya agar semuanya masih bisa ada harmonisasi," ujar Presiden.

"Ke depan yang kita inginkan tadi juga bisa dikawal dan dipercepat sehingga betul-betul kita memiliki coastguard yang namanya Bakamla yang diberi kewenangan di perairan kita," kata Jokowi menambahkan.