Lucinta Luna Perempuan, Putusan Pengadilan Menjadi Bukti

Kamis, 13 Februari 2020 – 15:00 WIB

Lucinta Luna (Foto:Istimewa)

Lucinta Luna (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Polisi menerima surat dari pengadilan terkait status kelamin artis Lucinta Luna. Dengan begitu, polisi sudah memutuskan lokasi penahanan Lucinta di Rumah Tahanan (Rutan) Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya.

"Putusan pengadilan sudah menyatakan menerima permohonan pemohon untuk perubahan jenis kelamin dari laki-laki menjadi wanita dengan nama yang lama adalah MF (Muhammad Fatah) menjadi AP (Ayluna Putri) ya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Februari 2020.

Menurut dia, surat pengadilan itu dikeluarkan Desember 2019. Dengan surat pengadilan tersebut Lucinta Luna mengurus akte kelahiran baru untuk membuat kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

KTP yang dulu atas nama Muhammad Fatah berjenis kelamin laki-laki telah berubah menjadi perempuan. Lucinta tercatat dengan nama asli Ayluna Putri.

"Ini keputusan sah dan kita ikuti," ucap Yusri.

Dengan surat dari pengadilan, polisi bisa mengambil sikap tanpa merugikan siapa pun. Publik juga tak perlu mempertanyakan lagi terkait penempatan Lucinta di rutan.

Namun, polisi masih menempatkan Lucinta dalam sel khusus di tahanan blok wanita. Yusri beralasan Lucinta masih dalam proses pemeriksaan.

Lucinta ditangkap atas penyalahgunaan narkotika. Dia diringkus dari Apartemen Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Februari 2020.