Hari Ini Zulkifli Hasan Diperiksa KPK, Bakal Terjerat Nih?

Jumat, 14 Februari 2020 – 06:00 WIB

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

JAKARTA, REQnews - Ketua Umum PAN yang juga Wakil Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan alias Zulhas dijadwalkan akan diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Jumat 14 Februari 2020.

Ia akan dimintai keterangan untuk kelengkapan berkas penyidikan dalam kasus suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau pada 2014 dengan tersangka PT Palma Satu, anak usaha grup PT Duta Palma Group.

Sebelumnya, KPK telah dua kali memanggil Zulhas, namun ia selalu mangkir. Kali ini, KPK telah melayangkan surat panggilan ketiga untuknya hadir sebagai saksi.

"Kami masih meyakini bahwa besok beliau akan kooperatif hadir," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri di Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

Sesuai hukum acara, bila Zulhas masih tak memenuhi panggilan maka ada upaya-upaya lain yang akan dilakukan. Namun, Ali berharap Zulhas dapat memahami pentingnya pemanggilan tersebut dan bersikap kooperatif.

Ali Fikri mengatakan, keterangan Zulhas dibutuhkan untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka PT Palma Satu, anak usaha dari grup PT Duta Palma Group dan pemiliknya Surya Darmadi. Diketahui, saat kasus suap ini terjadi, Zulhas menjabat sebagai Menteri Kehutanan.