KPK Minta Melchias Marcus Mekeng Penuhi Panggilan Penyidik

Jumat, 14 Februari 2020 – 14:30 WIB

Melchias Marcus Mekeng (Foto:Istimewa)

Melchias Marcus Mekeng (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Sudah berulang kali dipanggil anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Melchias Marcus Mekeng tak kunjungi memenuhi panggilan. Untuk kesekian kalinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Melchias Marcus Mekeng memenuhi panggilan penyidik.

Melchias dibutuhkan keterangannya untuk kasus dugaan suap pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian ESDM yang menjerat tersangka pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk Samin Tan.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri meminta seluruh pihak untuk kooperatif apabila dipanggil penyidik.

"Prinsipnya bahwa untuk saksi-saksi yang dipanggil KPK wajib untuk menghadiri, jika kemudian ditemukan adanya kesengajaan untuk mangkir dari panggilan KPK, tentu ada tindakan hukum," kata Ali, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.

Menurut Ali, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan upaya paksa pemanggilan. Hal itu sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

"Secara normatif aturan hukumnya ini kan saksi d panggil acara patut ya, pertama, kedua dan ketiga, dan mengacu aturan perundang-undangan KUHP Pasal 224, dan di Undang-Undang Tipikor ada Pasal 21, tetapi memang perlu dikaji lebih lanjut terkait dengan alasan saksi, yang katakanlah mangkir itu ketika dipanggil tidak ada konfirmasi sama sekali," ucap Ali.

Di sisi lain, Ali menuturkan, selain soal panggilan pemeriksaan, penyidik KPK juga akan mengkaji soal perlu tidaknya perpanjangan pencegahan bepergian keluar negeri terhadap Mekeng.