Besok, WNI yang Dikarantina di Natuna Berakhir dan Segera Pulang ke Keluarga

Jumat, 14 Februari 2020 – 17:00 WIB

WNI saat kedatangan dari Wuhan (Foto: Istimewa)

WNI saat kedatangan dari Wuhan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Masa karantina 285 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan di Natuna, Kepulauan Riau berakhir besok Sabtu, 15 Februari 2020. Seblum kepulangan mereka ke kampung halamannya, WNI tersebut akan diajak berkeliling pulau dan bersilaturahmi dengan masyarakat sebelum meninggalkan pulau.

Sebanyak 285 WNI itu akan kembali ke kampung halaman setelah 14 hari menjalani masa karantina usai dievakuasi dari pusat wabah virus korona di Wuhan, Cina. Sebelum berbaur dengan masyarakat dan meninggalkan Natuna, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan akhir.

"Ada rencana membawa mereka berkeliling, selama karantina kan mereka belum pernah lihat-lihat Natuna," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto, Kamis, 13 Februari 2020.

Selain diajak berkeliling pulau, 285 WNI dari Wuhan itu akan dilepas secara adat istiadat menurut tradisi khas setempat. Sejumlah menteri seperti Menko Bidang
Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menkes Terawan Agus Putranto dijadwalkan hadir dalam acara pelepasan sekitar pukul 12.00 WIB.