Mantul, Masyarakat Puas dengan Kinerja Polri dan TNI

Sabtu, 15 Februari 2020 – 00:00 WIB

TNI dan Polri

TNI dan Polri

JAKARTA, REQnews - Polri dan TNI dinilai memiliki kinerja yang memuaskan di mata publik. Menurut survei Alvara Research Center 72,7 persen publik puas dengan sepak terjang Polri dan 85,2 persen puas terhadap TNI. Sedangkan KPK hanya di posisi kelima.

Menurut CEO Alvara, Hasanuddin Ali posisi Polri itu mengalami peningkatan dibandingkan Agustus 2019 yang menempati urutan ketiga.

Menurut Hasanuddin, meningkatnya kepercayaan tersebut karena Polri memiliki program Promoter, profesional, modern, terpercaya) yang diinisiasi Jenderal Tito Karnavian dan Idham Azis sekarang.

Sedangkan kepuasan terhadap kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di posisi kelima yang diungkapkan 71,1 persen responden.

Sementara terhadap Mahkamah Agung 72,7 persen responden yang menyatakan puas berada di posisi ketiga dan Mahkamah Konstitusi di posisi keempat karena 72,4 persen responden yang puas. Ada pun kinerja Kejaksaan Agung hanya memuaskan 70,1 persen responden.


Survei itu dilakukan Alvara pada akhir Januari hingga awal Februari dengan 1.000 responden dan margin error 3,16 persen. Tingkat kepercayaannya mencapai 95 persen.

Data ini diperoleh melalui wawancara tatap muka yang dilakukan dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia.