Soal Informasi Sampah Veronica Koman, Mahfud Beri Penjelasan Sebenarnya

Sabtu, 15 Februari 2020 – 06:30 WIB

Mahfud MD

Mahfud MD

JAKARTA, REQnews - Banyak kalangan mendadak berang dengan pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) yang menyebut informasi Veronica Koman sampah. Padahal, Mahfud menegaskan perempuan Medan itu tidak pernah memberikan informasi apa pun.

Pernyataan Mahfud itu menanggapi klaim Veronica bahwa dia menyerahkan surat dan dokumen berisi data pelanggaran hak asasi manusia (HAM) kepada rombongan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Canberra beberapa hari lalu.

Melalui akun twitternya, Mahfud menegaskan tidak pernah mengatakan surat yang diberikan perempuan Medan tersebut berisi informasi sampah.

Dia mengaku mengatakan: 'Kalau ada info bahwa Veronica menyerahkan surat kepada presiden di Canberra itu info sampah saja.'

"Sebab saat itu sy ada di sana, saksi mata: tak ada Veronika, apalagi nyerahkan surat," begitu pernyataan Mahfud melalui akun twitternya, yang dikutip Jumat 14 Februari 2020

Jadi, Mahfud menegaskan yang sampah adalah 'informasi atau berita bahwa Veronica menyerahkan surat kepada Presiden Jokowi.'

Dalam setiap kunjungan, menurut Mahfud banyak warga yang menyerahkan surat kepada pejabat yang datang, apalagi presiden.

Saat di Canberra juga banyak menerima surat tersebut saat mengadakan pertemuan dengan warga negara Indonesia di sana. Tetapi sekali lagi tidak ada Veronica.