Arab Saudi Lakukan Serangan Balasan Gempur Basis Pemberontak Houthi

Minggu, 16 Februari 2020 – 23:00 WIB

Ilustrasi serangan bersenjata (Foto:Istimewa)

Ilustrasi serangan bersenjata (Foto:Istimewa)

YAMAN, REQNews - Arab Saudi melakukan serangan balasan. Sebelumnya, pesawat tepur bernama Tornado milik Arab Saudi jatuh di provinsi Al-Jawf Yaman, setelah ditembak pasukan pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Dilansir dari AFP, Minggu, 16 Februari 2020, Saudi dikabarkan mengirimkan serangan balasan pada Sabtu, 15 Februari 2020, serangan diluncurkan di wilayah Al-Hajriah, yang jadi basis kelompok milisi tersebut.

"Laporan lapangan menunjukkan 31 warga sipil tewas dan 12 lainnya cedera di daerah Al-Hayjah di Al-Jawf," kata kantor koordinator kemanusiaan PBB untuk Yaman.

Kekerasan di wilayah itu meningkat beberapa hari terakhir. Ini terjadi ketika pasukan Houthi dikabarkan mencoba menggempur Al-Hazm, ibu kota provinsi Al-Jawn.

Provinsi tersebut sebagian besar memang dikendalikan kelompok Houthi. Tetapi ibu kota masih dikuasai pemerintah Yaman yang didukung pasukan Saudi.

Konflik dan bentrokan bersenjata antara kelompok Houthi dan tentara koalisi pimpinan Saudi terjadi sejak 2015. Ribuan warga sipil tewas dan mengungsi karena konflik ini.