Data Hari Ini, Virus Corona Telah Merenggut Lebih dari 1.700 Jiwa

Senin, 17 Februari 2020 – 09:30 WIB

Tim medis sedang menangani pasien virus corona COVID-19 (Foto:Istimewa)

Tim medis sedang menangani pasien virus corona COVID-19 (Foto:Istimewa)

 

BEIJING, REQNews - Berdasarkan data pemerintah Provinsi Hubei yang dipublikasi Senin, 17 Februari 2020 pagi, ada tambahan 100 kematian baru di provinsi episentrum corona itu.

Dengan demikian berati ada lebih dari 1.700 orang terkena Virus Corona Covid-19.

Terdapat empat kematian di luar daratan Tiongkok, yakni di Hong Kong, Filipina, Jepang dan Prancis.

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok juga mencatat adanya 1.933 kasus terbaru virus korona di seantero negeri. Total infeksinya di Tiongkok kini mencapai sedikitnya 70.400.

"Hampir 90% dari kasus baru ada di ibu kota (Hubei) Wuhan," tulis Reuters. Kota Wuhan mendominasi kasus COVID-19 ini hingga 71% dari total provinsi di Cina, dengan 77% kematian.

Otoritas Tiongkok mengklaim jumlah kasus terbaru menurun signifikan dalam beberapa hari terakhir. Data pada Senin ini lebih tinggi 100 dari Minggu kemarin, namun tetap jauh lebih rendah dari hari Jumat dan Sabtu.

Menurut laporan situs media nasional Tiongkok, China Global Television Network (CGTN), jumlah pasien yang sembuh dari infeksi virus korona Covid-19 telah mencapai 9.419 per Minggu 16 Februari.

Di luar Hubei, otoritas Tiongkok mengklaim jumlah kasus terbaru juga menurun. Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengatakan ini merupakan indikasi pihaknya mulai berhasil mengendalikan penyebaran virus korona Covid-19.

Namun, Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pernah mengingatkan bahwa "mustahil untuk memprediksi ke mana arah wabah ini akan berlanjut."

Tim WHO telah tiba di Beijing dan memulai pertemuan dengan sekelompok pakar Tiongkok. Fokus utama mereka adalah menyelidiki virus korona Covid-19, termasuk mengenai dari mana dan bagaimana sebenarnya virus ini dapat menular.