Begini Kondisi Terbaru 78 WNI yang Terjebak di Kapal Pesiar Diamond Princess

Selasa, 18 Februari 2020 – 09:30 WIB

Kapal Pesiar Diamond Princess

Kapal Pesiar Diamond Princess

JAKARTA, REQnews - Publik terus bertanya-tanya, bagaimana nasib 78 WNI yang bekerja sebagai kru di kapal pesiar Diamond Princess, yang diketahui menjadi salah satu tempat terpapar virus corona.

Pemerintah menjamin, 78 WNI kru kapal itu dalam keadaan sehat dan tak terinfeksi virus corona. Namun, mereka masih diwajibkan menjalani proses karantina di Pelabuhan Yokohama Jepang hingga 19 Februari 2020 mendatang.

"Tim kami dari KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan 78 kru WNI tersebut, bahkan kita sempat mengirim beberapa keperluan logistik mereka," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Senin 17 Februari 2020.

"Kita terus melakukan komunikasi dengan mereka, sampai detik terakhir mereka masih dalam kondisi baik dengan kondisi spirit yang cukup baik. Mudah-mudahan situasinya tak berubah," ujarnya menambahkan.

Setelah proses karantina selesai, 78 WNI itu akan menjalani pengecekan selama dua hari, lalu menunggu hasilnya juga selama dua hari. Artinya, kata Retno, kemungkinan para WNI dapat pulang sekitar tanggal 23 atau 24 Februari 2020.

"Berdasarkan informasi dari otoritas Jepang, maka mereka kembali sudah tak memerlukan masa observasi lagi. Karena masa observasi sudah dilaksanakan di kapal tersebut. Jadi saya akan terus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan," kata Retno.