Polisi: Pemilik Zat Radioaktif di Komplek Batan Belum Jadi Tersangka

Kamis, 27 Februari 2020 – 04:00 WIB

Tumpukan radioaktif di Komplek Batan Tangerang

Tumpukan radioaktif di Komplek Batan Tangerang

JAKARTA, REQnews - Pegawai Batan pemilik zat radioaktif cesium 137 belum ditetapkan sebagai tersangka, sebab hingga kini polisi masih mencari unsur kesengajaan yang dibuatnya. 

Seperti diketahui zat radioaktif tersebut ditemukan di kediaman SM yang akan segera pensiun dari Batan. Hingga kini belum diketahui motif SM menyimpan zat tersebut. 

 

"Selain itu  masih didalami asal zat radioaktif tersebut dan cara SM mendapatkannya," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol. Asep Adisaputra di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

SM adalah pegawai Batan yang masih aktif bekerja. Namun, dua bulan lagi dia akan memasuki masa pensiun. 

Sebelumnya ditemukan paparan radiasi yang dinilai di atas ambang batas normal di area kosong di samping lapangan voli Blok J, Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Radioaktif yang ditemukan adalah Cesium 137 berbentuk serpihan dan bercampur tanah.

Paparan radiasi itu terdeteksi ketika Bapeten melakukan pemantauan secara berkeliling (mobile) pada 30 Januari sampai 31 Januari 2020 di lingkungan Jabodetabek yang meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.*