Rumah Produksi Tembakau Gorila di Bandung Diobok-obok Polisi

Kamis, 27 Februari 2020 – 11:00 WIB

Tembakau Gorila

Tembakau Gorila

JAKARTA, REQnews - Sebuah rumah kontrakan yang kedapatan memproduksi tembakau sintetis atau tembakau gorila di Jalan Lapangan Tembak, Bandung digerebek Satnarkoba Polrestabes Bandung pada Rabu 26 Februari 2020.

Tiga orang tersangka berinisial AS, A dan L diamankan dalam penggerebekan tersebut. Polisi juga menyita banyak barang bukti tembakau gorila.

"Kita amankan dua kilogram tembakau gorila beserta alat-alat produksinya," kata Kasanarkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Numansyah.

Dijelaskan Irfan, para tersangka memproduksi tembakau berbahaya itu, kemudian dijual online. Sementara alat-alat produksinya, Iran menyebut semuanya berasal dari Surabaya.

Penyelidikan kamar produksi tembakau gorila itu bermula sejak adanya informasi dari masyarakat. Sebagai tindak lanjut, pihak kepolisian lalu menggerebek kamar kontrakan tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menyebut, rumah produksi tembakau gorila itu sudah beroperasi sejak setahun terakhir. Mereka mengirimkan paket tembakau ke pemesan dengan cara dibungkus dan ditutupi makanan ringan agar tak ketahuan.

"Jadi dalam paketnya itu, mereka menutupi dengan makanan kecil. Hal itu dilakukan untuk mengelabui petugas pengiriman paket," kata Ulung.