Waduh Kacau! 65,3 Persen Rakyat Indonesia Tak Tahu Arti Ombudsman

Kamis, 27 Februari 2020 – 12:00 WIB

Ombudsman

Ombudsman

JAKARTA, REQnews - Sebagai lembaga negara, Ombudsman benar-benar tak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil survei Indeks Persepsi Maladministrasi (Inperma), yang menunjukkan 65,38 persen responden mereka tak tahu apa itu Ombudsman dan artinya.

Sementara 34,62 persen responden mengaku tahu arti Ombudsman. Sisanya, mereka tak tahu menahu tentang lembaga negara yang sudah berdiri tegak sejak tahun 2000 lalu

"Mengenai sejauh mana responden mengetahui arti kata ombudsman, ternyata bahwa apakah publik tahu perihal arti kata ombudsman, itu sebagian besar, 65 persen menjawab tidak tahu," ujar anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Adrianus menyebut, bila banyak dari responden tidak mengetahui arti kata tersebut, hampir bisa dipastikan mereka juga tidak akan mengetahui tentang fungsi, tugas, dan kewenangan yang dimiliki Ombudsman.

Ia juga melempar isu, apakah Ombudsman harus berganti nama agar masyarakat lebih paham. Masalahnya, ia mengaku banyak masuatakat tidak mengerti maknanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasarimemandang perlu adanya upaya-upaya untuk lebih memperkenalkan Ombudsman ke khalayak luas, salah satunya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menitikberatkan pada perkenalan tentang tugas dan fungsi lembaga.

"Maka, ini adalah bagian dari kami untuk terus melakukan upaya-upaya sosialisasi," ujar Lely.