Ini Alasan Pengacara Minta KPK Tunda Pemanggilan Terhadap Nurhadi

Kamis, 27 Februari 2020 – 15:00 WIB

Nurhadi Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (Foto:Istimewa)

Nurhadi Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (Foto:Istimewa)

 

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta oleh Maqdir Ismail, pengacara mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi untuk menunda dulu segala bentuk pemanggilan dan pemeriksaan terhadap kliennya.

Alasan penundaan itu, kata dia, karena Nurhadi sedang mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kami sudah sampaikan permohonan kepada KPK supaya menunda dulu segala bentuk pemanggilan dan pemeriksaan akan tetapi mereka tidak peduli," ucap Maqdir di Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.

Maqdir juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga tidak mendapatkan informasi terkait penggeledahan oleh KPK di kantor advokat Rakhmat Santoso and Partner yang merupakan milik adik dari istri Nurhadi, Tin Zuraida di Surabaya, Selasa, 25 Februari 2020.

Ia menyatakan jika penggeledahan itu dilakukan tanpa adanya surat izin maka penggeledahan tersebut tidak sah.

"Saya tidak yakin ada penggeledahan tanpa surat perintah. Kalau itu benar, tidak ada surat perintah maka penggeledahan itu tidak sah. Bisa dilakukan praperadilan untuk minta pengadilan menyatakan bahwa penggeledahan itu tidak sah," kata dia.