Hei Pemerintah! Pengusaha Harusnya Dilibatkan Bahas Omnibus Law Dong

Kamis, 12 Maret 2020 – 01:03 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Eks cawapres Sandiaga Uno menyoroti pembahasan Omnibus Law di tengah merebaknya virus corona, yang mengancam perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, Sandi berkata harusnya pemerintah mengundang para pengusaha untuk duduk bersama membahas Omnibus Law.

"Coba duduk bersama melihat dampak-dampaknya. Dengan menurunnya ekonomi kita, kemampuan perusahaan mengelola dana tunai bisa sangat terkendala," kata Sandi di Jakarta, Rabu 11 Maret 2020.

Selain itu, Sandi menyarankan pemerintah untuk berpikir terobosan-terobosan baru di luar kewajaran di tengah merebaknya corona. Salah satu sarannya adalah memberi insentif kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut menurutnya sudah sesuai dengan tujuan dari Omnibus Law, yakni mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyederhanakan undang-undang perpajakan, cipta lapangan kerja, dan pemberdayaan UMKM, sehingga dunia usaha dalam negeri tetap bertahan di tengah melambatnya perekonomian dunia imbas dari merebaknya virus corona.

"Saya lagi membaca tentang bagian perpajakan ini di Omnibus Law. Tentunya penerimaan dari pada dunia usaha kita harus ada langkah-langkah yang out of the box, harus ada langkah-langkah yang memberikan suatu kelonggaran insentif, baik masyarakat terutama buat UMKM menghadapi ketidakpastian dari ekonomi ini," ujar Sandi.