DKPP Pecat Evi Ginting dari Komisioner KPU, Begini Respons DPR RI

Minggu, 22 Maret 2020 – 11:01 WIB

Evi Novida Ginting dipecat DKPP dari jabatannya sebagai Komisioner KPU

Evi Novida Ginting dipecat DKPP dari jabatannya sebagai Komisioner KPU

JAKARTA, REQnews - DPR RI ternyata sama sekali tak keberatan dengan keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memecat Evi Novida Ginting dari posisinya sebagai Komisioner KPU, dan memberi peringatan tegas kepada para pimpinan lainnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi NasDem Saan Mustofa menyebut, putusan DKPP itu harusnya menjadi pelajar penting bagi KPU RI dalam bekerja ke depannya.

"Sementara apa yang sudah DKPP putuskan harus dihormati. Putusan tersebut menjadi pelajaran yang penting untuk senantiasa menjaga kredibilitas lembaga, dengan senantiasa bertindak lebih hati-hati lagi," ujar Saan, Jumat 20 Maret 2020.

Meski begitu, pihaknya akan melakukan klarifikasi langsung pada DKPP dan KPU perihal putusan tersebut. Rencananya, usai masa reses Komisi II berencana menggelar rapat dengan dua lembaga tersebut.

Seperti diketahui DKPP memberhentikan paksa Evi Novida Ginting Manik dari posisinya sebagai Komisioner KPU saat sidang pembacaan putusan perkara nomor 317-PKE-DKPP/X/2019, Rabu 18 Maret 2020 lalu.

DKPP juga menjatuhkan sanksi peringatan keras terhadap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman dan para komisioner lainnya.

Bahkan, DKPP menjatuhkan sanksi peringatan keras kepada Ketua dan Anggota KPU RI dalam dua perkara lainnya yang berbeda terkait dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) Dua perkara yang dimaksud adalah 330-PKE-DKPP/XI dan 06-PKE-DKPP/I/2020.