Jaksa Agung Tantang Seluruh Kajati Gelar Sidang via Video Conference

Rabu, 25 Maret 2020 – 08:31 WIB

Jaksa Agung ST Burhanuddin

Jaksa Agung ST Burhanuddin

JAKARTA, REQnews - Di tengah mewabahnya Covid-19 di Indonesia, sejumlah persidangan terpaksa ditunda untuk menjalankan kebijakan Work from Home (WFH). Namun, masalah muncul, karena belum diketahui sampai kapan sidang-sidang tersebut akan ditunda.

Menanggapi itu, Jaksa Agung ST Burhanuddin menantang seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) agar bisa memanfaatkan teknologi dengan menggelar sidang menggunakan video conference atau vicon.

"Saya tantang para Kajati se-Indonesia, agar mulai hari ini bisa berkoordinasi dengan jajaran pengadilan dan lapas di daerah. Bagaimana caranya dapat melaksanakan sidang dengan menggunakan vicon," kata Burhanudin di Jakarta, Selasa 23 Maret 2020.

Jaksa Agung yakin, dengan vicon, tak ada lagi alasan sidang harus ditunda karena corona, dan seluruh pekerjaan penegak hukum dipastikan tuntas.

"Bagi Kejati yang sudah berhasil menggelar sidang melalui vicon, agar segera membuat laporan ke saya untuk kemudian dapat diterapkan se-Indonesia," ujarnya.

Ternyata, sudah ada kejaksaan tinggi yang siap menggelar sidang cengan cara vicon, yakni Kejati Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan berkoordinasi bersama pengadilan serta lapas.

"Bahkan kami sudah mendapat penetapan sidang melalui vicon dari Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk sidang hari Senin 30 Maret 2020 mendatang," kata Kajati DIY Masyhudi.

Selain itu, sidang dengan cara vicon juga dilakukan Kejati Kepri. Saat itu, pihaknya menggelar sidang kasus narkotika dengan terdakwa Harifudin yang digelar di Pengadilan Negeri Karimun, pada Rabu 18 Maret 2020 lalu.