Alhamdulillah, Belum Ada Laporan PHK akibat Covid-19 hingga Kini

Kamis, 26 Maret 2020 – 12:31 WIB

Buruh/Alhamdulillah, Belum Ada Laporan PHK akibat Covid-19 Hingga Kini

Buruh/Alhamdulillah, Belum Ada Laporan PHK akibat Covid-19 Hingga Kini

JAKARTA, REQnews - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) belum menerima laporan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap buruh di tengah mewabahnya Covid-19 di Indonesia.

Tentu saja ini kabar baik, mengingat dampak Covid-19 yang diprediksi bakal diikuti PHK besar-besaran karena banyak tempat usaha yang sepi, bahkan tutup.

"Kalau PHK belum ada," kata Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S. Cahyono di Jakarta, Rabu 25 Maret 2020, seperti dikutip dari Liputan6.

Ia menegaskan, pemerintah harus segera mengambil langkah yang tepat dalam situasi darurat ini, agar hak-hak buruh tidak dikurangi dengan alasan Covid-19.

Sebelumnya, KSPI membeberkan industri padat karya seperti tekstil, sepatu, garment, makanan, minuman, komponen elektronik, hingga komponen otomotif menjadi yang paling terpukul akibat virus corona.

Sebab, bahan baku industri tersebut berkurang, dan imbasnya produksi akan menurun. Ketika produksi menurun, maka berpotensi terjadi pengurangan karyawan dengan melakukan PHK.