Pemerintah Didesak Berikan Jaminan Tak Ada PHK untuk Buruh

Jumat, 27 Maret 2020 – 10:33 WIB

Ilustrasi buruh/Pemerintah Didesak Berikan Jaminan Tak Ada PHK untuk Buruh

Ilustrasi buruh/Pemerintah Didesak Berikan Jaminan Tak Ada PHK untuk Buruh

JAKARTA, REQnews - DPR RI meminta pemerintah agar memberikan jaminan kepada para buruh atau pekerja harian agar tak terkena PHK di tengah wabah corona atau Covid-19.

Anggota Fraksi Demokrat DPR RI, Putu Supadma Rudana berkata, jangan sampai pemerintah abai kepada masyarakat kecil sebagai sebuah tanggung jawab negara.

"Saya apresiasi pemerintah akan beri BLT ke masyarakat terdampak Covid-19. Tapi pemerintah juga harus memberikan jaminan tidak adanya PHK dan pemberian sembako door to door kepada buruh di masa-masa sulit seperti ini," kata Putu, Kamis 26 Maret 2020.

Ia juga khawatir, jika Covid-19 ini tak segera berakhir, maka perekonomian Indonesia lumpuh. Hal itu terlihat dari hanyaknya pusat perbelanjaan hingga tempat makan yang mulai tutup.

"Dan yang paling terdampak tentu saja adalah sektor pariwisata, perhotelan, tekstil, hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," ujarnya.

Putu juga meminta pemerintah peduli kepada pelaku usaha di seluruh wilayah terdampak dengan memberikan insentif agar usahanya tidak mati karena Covid-19.

Selain itu, ia juga berkali-kali mendesak pemerintah agar segera menerapkan keputusan lockdown dalam menghadapi pandemi global ini. Tapi, Putu menilai pemerintah masih enggan memberlakukan kebijakan itu, padahal jumlah penderita corona di Indonesia cukup mengkhawatirkan.