Mahfud: Sedang Disiapkan Peraturan Pemerintah untuk Lockdown

Sabtu, 28 Maret 2020 – 00:03 WIB

Menko Polhukam Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD

JAKARTA, REQnews - Kemenko Polhukam sedang menyiapkan peraturan pemerintah untuk mengatur kapan pemerintah daerah bisa melakukan karantina wilayah untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Rancangan aturan tersebut masih berupa pembahasan mengenai ketentuan syarat, larangan, hingga prosedur dari pelaksanaan aturan itu sendiri," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD di Jakarta, Jumat 27 Maret 2020.

Dia berharap peraturan itu segera dikeluarkan sehingga ada keseragaman kebijakan tentang penangan pendemi corona Covid19.

Di sisi lain, Mahfud menuturkan PP tersebut merupakan alternatif sehubungan adanya keputusan yang telah diambil daerah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dia menjelaskan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, telah mengatur bahwa karantina kewilayahan bertujuan untuk membatasi perpindahan orang demi keselamatan bersama.

Merujuk aturan tersebut, Mahfud mempertanyakan keputusan pemerintah daerah yang telah mengeluarkan pengumuman karantina kewilayahan tanpa memiliki format yang jelas.

Mahfud mengungkapkan saat ini beberapa daerah juga mulai berencana melakukan karantina kewilayahan. Salah satunya adalah Surabaya.

Namun demikian, ia menilai daerah yang telah mengambil keputusan maupun segera melakukan karantina kewilayahan belum ada koordinasi dengan pemerintah pusat.