Massa di Desa Sumberagung Anarkis, Rusak Rumah Warga

Minggu, 29 Maret 2020 – 03:03 WIB

Massa di Desa Sumberagung Anarkis (Foto:Istimewa)

Massa di Desa Sumberagung Anarkis (Foto:Istimewa)

BANYUWANGI, REQNews – Setelah dibubarkan oleh pihak Kepolisian Polresta Banyuwangi, massa aksi penghadangan kendaraan logistik PT Bumi Suksesindo (PT BSI) di pertigaan Lowi, Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, kembali tegang dan berubah anarkis.

Massa anarkis tersebut menolak tambang di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Menjelang malam, sejumlah rumah warga di Dusun Pancer, Desa Sumberagung juga menjadi sasaran massa. Beberapa rumah warga rusak akibat lemparan batu dari massa.

Sejak Kamis malam, 26 Maret 2020, hingga Jumat, 27 Maret 2020, Massa melakukan penghadangan terhadap sejumlah kendaraan logistik Operator Tambang Tumpang Pitu.

Sedang pembubaran yang dilakukan oleh kepolisian, tujuannya untuk menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Sekaligus tindak lanjut dari Maklumat Kapolri.

Namun begitu kembali ke Dusun Pancer, massa tiba-tiba melempari rumah warga dengan batu.

“Mereka berjumlah sekitar 200 an orang, tapi bukan cuma orang Pancer, saya melihat sebagian orang Templek,” tegasnya seorang warga bernama Prasetyo, Jumat, 27 Maret 2020.

“Kami berharap polisi bisa menindak tegas, dan mengusut tuntas hingga otak dibalik seluruh kejadian. Karena kalau tidak terungkap, bisa jadi akan memicu terjadinya perang antar warga,” ungkapnya.