Lampu Hijau Karantina Total Jakarta

Minggu, 29 Maret 2020 – 11:09 WIB

DKI Jakarta/Lampu Hijau Karantina Total Jakarta

DKI Jakarta/Lampu Hijau Karantina Total Jakarta

JAKARTA, REQnews - Pemprov DKI Jakarta bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya telah membahas opsi kebijakan karantina wilayah ibu kota untuk mencegah penyebaran wabah corona atau Covid-19. Sepertinya, opsi ini mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto berkata, kebijakan penangana wabah ini diserahkan ke pemerintah daerah sepenuhnya, namun dengan catatan, harus ada perhitungan yang matang.

"Ini kan seluruhnya kita serahkan ke pemda. Maka silakan membuat strategi untuk daerahnya masing-masing," kata Yuri, Sabtu 28 Maret 2020.

Contoh strategi di beberapa daerah seperti bersikap tegas terhadap warga yang melanggar physical distancing. Ada juga yang membubarkan hajatan dan acara lainnya yang dihadiri banyak orang.

Yuri tak masalah jika aparat kepolisian dan kepala daerah membubarkan paksa kerumunan massa. Menurutnya, itu adalah bagian dari strategi pencegahan penyebaran corona.

Mengenai Jakarta, Yuri meminta Pemprov DKI khususnya Gubernur Anies Baswedan agar memperhitungkan matang-matang dampak karantina wilayah, terutama kepada para pekerja harian.

"Kita harus mikir bagaimana saudara-saudara kita yang penghasilan harian. Misalnya kalau dia nggak kerja terus siapa yang ngasih makan anak-istrinya," ujar Yuri.