Eits! Diam-diam, RUU Permasyarakatan Udah Mau Selesai Aja Nih

Minggu, 29 Maret 2020 – 11:33 WIB

Ilustrasi/Eits! Diam-diam, RUU Permasyarakatan Udah Mau Selesai Aja Nih

Ilustrasi/Eits! Diam-diam, RUU Permasyarakatan Udah Mau Selesai Aja Nih

JAKARTA, REQnews - Di tengah konsentrasi publik dalam menghadapi wabah Covid-19, diam-diam DPR RI sudah siap membahas RUU Permasyarakatan pekan depan.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery berkata, RUU itu telah menjadi bagian dari agenda pembahasan di komisinya, dengan harapan dapat diselesaikan segera di rapat internal.

"Komisi lll baru memasuki masa persidangan minggu depan, salah satu agenda melanjutkan pembahasan beberapa perubahan UU yang masuk dalam carry over antara lain KUHP dan pemasyarakatan," kata Herman, Sabtu 28 Maret 2020, seperti dikutip dari Detikcom.

Namun, ia tak bisa memperkirakan kapan RUU ini bisa disahkan. DPR diakuinya masih bergantung pada pembahasan bersama pemerintah, lebih cepat lebih baik.

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil juga sepakat RUU ini dibahas segera, salah satunya adalah untuk mengatasi overkapasitas di lapas yang sejak dulu selalu menjadi masalah klasik.

"Saya setuju RUU Pemasyarakatan dibahas kembali untuk disahkan menjadi UU dan pemerintah untuk mencabut PP 99. Pengesahan RUU dan pencabutan PP ini untuk mengurangi overcapacity di lapas dan rutan," ujar Nasir dalam keterangannya, Jumat 27 Maret 2020

PP 99 yang dimaksud yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 yang mengatur ketat remisi terpidana. Hal itu diklaim menyebabkan overkapasitas di lapas.